Tuesday, January 3, 2017

Buat Kita Yang Berkacamata, Ini 6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata



Menjaga kesehatan tubuh itu penting terutama menjaga kesehatan mata. Terlebih lagi kalau kita memiliki mata minus atau silinder sehingga membutuhkan bantuan kacamata. Meskipun sudah memakai kacamata, kita harus tetap mampu menjaga kesehatan agar minus atau silinder kita enggak bertambah parah.

Ini tips untuk menjaga kesehatan mata buat kita yang berkacamata:

Hindari Membaca Sambil Tiduran

Membaca adalah kegiatan yang mudah dilakukan di waktu senggang, makanya enggak heran kita sering mencari posisi yang nyaman saat membaca, termasuk dengan posisi tiduran. Kebiasaan ini justru enggak baik untuk kesehatan mata kita lho, girls. Posisi membaca sambil tiduran membuat posisi mata dan buku menjadi sangat dekat, sehingga organ tubuh ini dipaksa bekerja lebih keras untuk membaca tulisan yang ada. Selain itu membaca di ruangan dengan cahaya yang redup atau yang terlalu terang juga bisa membahayakan kesehatan mata. Sebaiknya cari ruangan yang cukup cahayanya atau kita bisa memakai lampu belajar.
Hal ini juga berlaku saat kita sedang bermain handphone sambil tiduran. Jarak layar handphone yang terlalu dekat dengan mata akan membuat mata cepat lelah. Coba latih kebiasaan untuk membaca sambil duduk tegap dan di ruangan yang cukup cahayanya.


Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata juga dari dalam tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki manfaat baik untuk mata. Pilih jenis makanan yang memiliki vitamin A dan beta karoten untuk meningkatkan kesehatan mata kita. Beberapa jenis makanan tersebut, seperti mangga, wortel, tomat, brokoli, bayam, dan blueberry. Makanan ini berguna untuk menjaga kesehatan mata bukan untuk mengurangi minus atau silinder pada mata kita. Selain itu, kita juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar mata enggak cepat kering. Minum minimal 8 gelas sehari air putih.

Batasi Penggunaan Softlense

Buat kita yang memiliki mata minus, softlens atau lensa kontak merupakan alat pembantu penglihatan selain kacamata. Tapi harus kita perhatikan kalau pemakaian softlens ini ada waktunya, jangan sampai kita terlalu lama memakainya. Waktu paling lama memakai softlens enggak lebih dari 8 jam perhari. Selain itu kita harus memastikan tanggal kadaluarsa dari softlens tersebut. Hindari pula memakai softlens di tempat yang banyak debu, cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, dan saat lagi berenang.


Hindari Sering Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata berguna untuk mengobati mata yang merah akibat iritasi karena sensitif terhadap debu, angin, atau lainnya. Tapi sebaiknya kita jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata. Kalau kita sudah menggunakan obat tetes mata lebih dari 1-2 kali pemakaian dan mata tetap merah, maka kita harus segera ke dokter. Pemakaian obat tetes mata berlebihan bisa berakibat kerusakan kornea, baca disini untuk selengkapnya.

Membatasi Waktu Di Depan Komputer

Terkadang kalau kita sudah berada di depan komputer, laptop, ataupun televisi, kita akan lupa waktu dan enggak terasa sudah berjam-jam lamanya. Hal ini enggak baik untuk kesehatan mata kita. Cara mengakalinya adalah mengatur waktu setiap satu jam sekali mengistirahatkan mata dari depan layar komputer dengan melihat pada objek yang lain. Ini berguna agar mata kita enggak cepat kering dan juga lelah.

Latihan Mata
Latihan mata ini berguna untuk mengatur fokus pada mata. Cobalah untuk melihat sebuah obyek yang jaraknya agak jauh. Caranya adalah dengan duduk, lalu menempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan menggunakan telapak tangan kita. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata kita selama 10 detik. Lalu, buka kembali mata kita dan ulangi selama beberapa kali. Trik ini bisa kita lakukan di saat kita mengistirahatkan mata dari depan layar komputer.

Sumber : http://cewekbanget.id/Love-Life-And-Sex-Education/Buat-Kita-Yang-Berkacamata-Ini-6-Tips-Untuk-Menjaga-Kesehatan-Mata/Membatasi-Waktu-Di-Depan-Komputer


No comments:

Post a Comment